March 23, 2012

BERBUAH

                Aku sempet stress sama judul skripsi yang (lagi-lagi) ditolak. Ini uda bulan apa, kok masih ditolak lagi? Fiuuuhhhhh (tarik nafas dulu) :D Aku sempet berpikir, semua area hidupku lagi berbuah lebat, kecuali skripsi. Rasanya nyandet nggak berujung deh. Banyak pemikiran yang melintas di pikiranku. Mungkin Tuhan pengen aku belajar sabar en kuat ngadepi dosenku yang super unik :P Mungkin Tuhan sengaja mbuat skripsiku nyandet supaya aku belajar memperhatikan sekelilingku en jadi berkat disana (dan emang ada benernya jugak). Mungkin juga ini adalah konsekuensi karena awalnya aku nggak tanya Tuhan en mutusin untuk magang (yang nggak kesampaian).
                Terlintas di otakku, bahwa hidup kita sebagai anak-anak-Nya haruslah BERBUAH. Berbuah dalam hal apa saja? Dalam SEGALA HAL! Berbuah dalam keluarga, dalam pelayanan, dalam karakter, dalam lingkungan pergaulan, dalam studi en pekerjaan. Tuhan nggak pernah memberkati kita cuma untuk berbuah di satu bidang, misalnya dalam pelayanan berbuah lebat, tapi dalam karakter tetep aja manusia lama yang menonjol. Tuhan mau kita berbuah dalam segala hal, dalam segala musim. Aku inget kisah tentang Yesus yang mengutuk pohon ara (Matius 21:18-22). Mungkin kita berpikir, kok Yesus ngutuk pohon ara itu, padahal kan waktu itu emang bukan musimnya buah ara, wajar donk kalo tuh pohon kagak berbuah? Iya, secara logika emang wajar, tapi kisah itu mengajarkan kita bahwa kita nggak boleh musim- musiman kalo berbuah. Kita harus berbuah di SEGALA MUSIM.
                Waktu itu aku ngomong sama Tuhan, “Tuhan, Kau sedang buat hidupku berbuah di semua bidang kan (pelayanan, keluarga, organisasi kampus, pemasa, lingkungan pergaulan), tapi kok nggak di skrispsiku? Aku juga pengen skripsiku berbuah, Tuhan. Aku pengen cepet bisa kerjakan skripsiku, cepet lulus trus menuhi panggilan-Mu dalam hidupku”. Lalu aku diingetin kisah tentang pokok anggur yang benar (Yohanes 15:1-8). Dan dalam perikop itu, aku disegarkan kembali. Waktu aku baca perikop itu, Tuhan ngomong secara spesifik ke aku. Di ayat 2, dikatakan “Setiap ranting pada-Ku yang tidak berbuah, dipotong-Nya dan setiap ranting yang berbuah, dibersihkan-Nya, supaya ia lebih banyak berbuah”. Tiba-tiba Tuhan singkapkan rahasia, intinya karena hidupku lagi berbuah di bidang- bidang lain, aku berpotensi untuk sombong! Oleh karena itu, uhan lagi bersihkan “rantingku” (hidupku), supaya aku lebih banyak berbuah, namun tetep inget kalo aku cuma ranting. Tanpa Yesus aku nggak ada gunanya “Tinggallah di dalam Aku dan Aku di dalam kamu. Sama seperti ranting tidak dapat berbuah dari dirinya sendiri, kalau ia tidak tinggal pada pokok anggur, demikian juga kamu tidak berbuah, jikalau kamu tidak tinggal di dalam Aku” (ayat 4). Lalu ayat 5 menegaskan lagi “Akulah pokok anggur dan kamulah ranting-rantingnya. Barangsiapa tingal di dalam Aku dan Aku di dalam dia, ia berbuah banyak, sebab di luar Aku kamu tidak dapat berbuat apa-apa”. Without God, I can do nothing! Without God, I am nothing!
                Kemudian kunci yang dahsyat ada di ayat 7-8 “Jikalau kamu tinggal di dalam Aku dan firman-Ku tinggal di dalam kamu, mintalah apa saja yang kamu kehendaki, dan kamu akan menerimanya. Dalam hal inilah Bapa-Ku dieprmuliakan, yaitu jika kamu berbuah banyak dan dengan demikian kamu adalah murid-murid-Ku”. Artinya kalo kita tinggal dalam Tuhan, kita melekat sama Tuhan, kita ngerti Firman-Nya, ngerti hati-Nya, MAKA apapun yang kita minta, akan dikabulkan. Maka pekerjaan kita akan dibuat berhasil. Tapi kuncinya adalah di MELEKAT itu tadi. Melekat dengan Tuhan membuat kita berbuah banyak, guys! Namun melekat dengan Tuhan dalam kondisi hati yang sudah dibersihkan, membuat kita mempermuliakan Bapa. Tuhan nggak cuma mau kita berbuah banyak, tapi Dia mau lebih dari itu. Dia mau kita memiliki kondisi hati yang benar, kemudian melekat, maka kita akan berbuah banyak dan bisa mempermuliakan Bapa. Berbuah banyak membuat hati kita sombong, namun ketika hati kita dibersihkan-Nya, maka kita menyadari bahwa semua berasal dari Bapa. Thanks Bapa, buat pengertian baru yang Kau berikan bagiku ^^

March 22th, 2012
11:35 am

No comments: